Pages

Thursday, July 5, 2012

Sunset Pukul 23.30 di Moskow!

img
Moskow - Musim panas bagi rakyat Rusia berarti siang yang tidak berkesudahan di belahan bumi paling utara itu. Jalan-jalan bisa dilakukan sampai malam, karena matahari baru terbenam sekitar pukul 23.30 waktu setempat. Bukan main!

Saya berkunjung ke Moskow pada 26 Juni 2012 lalu dalam sebuah lawatan liputan. Hawa berangin dingin, namun cuaca cukup cerah.

Lapangan Merah saat itu ramai. Semua turis tumpah ruah, saya melihat turis Eropa, Asia, kulit hitam, tua dan muda, semua ada.

Favorit mereka adalah Gereja Katedral Saint Basil yang menjadi lokasi favorit untuk latar foto. Favorit lain tentu saja Kremlin dengan gedung berwarna merah mendominasi.

Memang kata supir KBRI Moskow, sayang sekali jika ke Moskow tapi tidak mengunjungi Lapangan Merah. Inilah simbol Ibukota Rusia tersebut.

Pelan-pelan saya menyadari, sore ini seolah tidak pernah berhenti. Kapan malamnya? Sedari tadi senja melulu.

Saat melirik jam tangan, angka menunjukkan pukul 22.30. Ya ampun, ini sudah mulai larut malam sebenarnya!

Di Moskow, siang hari di musim panas jauh lebih lama dari pada kota besar Eropa lainnya yang biasanya sudah mulai gelap pada jam yang sama. Para turis ini sebenarnya sedang jalan-jalan malam, bukan jalan-jalan sore.

Ini lantaran posisi Moskow yang berada lebih ke utara dibandingkan kota besar di Eropa yang lain, misalnya Paris, atau Roma. Matahari rupanya terbenam pukul 23.30. Nyaris tengah malam!

Tidak lama memang waktu saya di Lapangan Merah. Namun itulah sore terlama yang pernah saya rasakan dalam hidup saya.


Sumber : www.detik.com

No comments:

Post a Comment